Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Memilih Rumah Sewa yang Tepat

Salah satu aspek penting dalam memilih kontrakan adalah untuk menemukan ruangan dengan ukuran yang sesuai untuk Anda dan keluarga. Lokasi dan ketersediaan fasilitas umum seperti rumah sakit, pasar, kantor polisi ataupun supermarket merupakan faktor lainnya yang dapat mempengaruhi pilihan Anda.


Sebelum memilih rumah sewa, buatlah daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada pemilik rumah sewaan. Selain itu Anda harus teliti dalam memperhatikan perjanjian yang akan berpengaruh pada pengeluaran Anda di masa mendatang. Bagaimana triknya?

Pembayaran Sewa dan Tenggat Waktu

Sebelum memilih kontrakan, tentukan pilihan rumah sewa yang sesuai dengan kebutuhan dan budget, sewa bulanan atau tahunan. Ketahuilah bahwa Anda juga dapat menegosiasi harga untuk mendapatkan penawaran paling baik.
Tanyakan apakah Anda harus memberikan deposit sebagai jaminan atau tidak. Diskusikan tenggat waktu pembayaran dengan pemilik terlebih dahulu.

Sewa bulanan bisa jadi lebih menguntungkan, dalam artian cicilan dapat menjadi lebih ringan, meski harga keseluruhan dapat menjadi lebih mahal dari sewa tahunan. Anda juga dapat pindah sewaktu-waktu jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Fasilitas

Pastikan bahwa gas, listrik, dan air tersedia saat memilih kontrakan karena ketiganya merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihilangkan. Tanyakan juga terlebih dahulu apakah ketiga tagihan tersebut akan dibayar bersama dengan uang bulanan/tahunan kontrakan rumah atau dibayar secara terpisah.

Lebih baik jelaskan hal ini terlebih dahulu di awal, sebelum menandatangani kontrak, untuk menghindarkan perselisihan yang tidak perlu di masa mendatang.

Permintaan Perawatan Rumah/Fasilitas yang Rusak

Bicarakan terlebih dahulu dengan pemilik rumah sewa Anda untuk mengetahui apakah Anda harus membayar kembali atau pemilik rumah yang membayar biaya perbaikan rumah. Hal ini perlu diketahui untuk melindungi hak Anda dan pemilik rumah dari tanggung jawab yang tidak semestinya ketika masalah muncul.

Jika ada masalah seperti, kran atau pipa yang bocor atau rusak atau kamar mandi serta meja kursi yang rusak dan tidak disebabkan oleh Anda, diskusikan cara terbaik untuk mengatasinya. Lebih baik lagi jika dimasukkan ke dalam kontrak saat memilih kontrakan.

Read more: rumahku.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar